Aplikasi desktop, aplikasi web, dan aplikasi mobile adalah 3 hal yang berbeda. Dalam merancang sebuah aplikasi BlackBerry, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, antara lain:

  • Layar. Ukuran layar BlackBerry “jaman sekarang” pada umumnya adalah sekitar 2-3 inch dengan resolusi 480 pixel * 360 pixel (Bold, Javelin). Kita juga harus mempertimbangkan ukurang layar BlackBerry “jaman dulu” yang resolusinya lebih kecil dari itu. Kecilnya layar hanya memungkinkan 1 window pada suatu waktu.
  • User input. BlackBerry memiliki 2 input secara garis besar: keyboard yang ukurannya dan trackball/trackpad. Rancangan antarmuka yang Anda buat harus dapat dinavigasi dengan mudah. Selain itu, minimalkan input teks apabila bisa diganti dengan button, drop-down menu, atau metode input lainnya.
  • Memori dan prosesor. Ukuran, kecepatan, dan kemampuan prosesor dan memori BlackBerry jauh lebih terbatas dibandingkan komputer desktop jaman sekarang. Dalam merancang aplikasi, pikirkan juga besar dan jumlah objek yang akan disimpan memori, juga kompleksitas program yang Anda buat. OS BlackBerry mendukung multitasking, jadi aplikasi Anda harus berbagi memori dan prosesor dengan aplikasi lain.
  • Internet. Koneksi internet nirkabel memiliki delay yang lebih tinggi dibandingkan koneksi internet kabel. Hal ini berpengaruh pada aplikasi-aplikasi real-time seperti MMORPG (online game) dan aplikasi saham.
  • Baterai. Tidak seperti komputer desktop yang dapat terus menerus terpasang ke listrik 24/7, BlackBerry memiliki suplai daya yang terbatas. Berhati-hatilah dalam merancang kode-kode yang dapat menghabiskan baterai (seperti mengakses GPS, Wi-Fi, ataupun logika yang menghabiskan waktu prosesor).

Anda juga di sarankan untuk mempunyai developer keys dari BlackBerry. Developer keys ini berguna untuk meng-unlock RIM API yang sensitif: GPS, file storage, dan lainnya. Anda bisa mendapatkan key tersebut seharga $20 dari :
https://www.blackberry.com/SignedKeys/.

Jika Anda hanya ingin mengetes aplikasi tersebut di simulator, Anda tidak wajib membeli key tersebut.

0 Komentar