Untuk dapat membuat aplikasi blackberry setidaknya ada beberapa tools yang dipergunakan diantaranya sebagai berikut :

  1. IDE (Integrated Development Environment). IDE ini dapat menggunakan JDE atau Eclipse
  2. JDK (Java Development Kit), dapat didownload disini.
Untuk IDE, kita akan menggunakan Keduanya, yaitu JDE dan Eclipse, namun pertama-tama kita akan menggunakan JDE, yang dapat didownload disini : https://developer.blackberry.com/java/download/jde
Pastikan anda sudah memiliki kedua Tools diatas yaitu JDE dan JDK.


Instal JDK (Jika komputernya belum diintals JDK). Lalu Instal JDEnya.

Setelah semuanya diinstal ada yang harus dilakukan yaitu Setting Path sebagai berikut :
  1. Masuk Ke System Properties caranya Klik Kanan My Computer atau Control Panel -> System sehingga tampil seperti gambar berikut :
  2. Pilih Environment Variables lalu muncul kotak dialog seperti berikut :
  3. Pilih “path” pada option paling atas lalu Edit, kalau belum ada pilih New, Misal kalau belum ada “path” caranya sebagai berikut : New lalu muncul kotak dialog sebagai berikut :
  4. Isi Variable name dengan “path” dan variable value dengan  “C:\program files\Java\jdk1.6.0_22\bin” (cat : hiraukan tanda petik 2). Kalau “path ” sudah ada maka : pilih dahulu “path” lalu edit lalu muncul kotak dialog sebagai berikut : Nah kalau di dalam Variable Value muncul : “C:\BC5\BIN” itu adalah setting path aplikasi lain Nah kita kan akan membuat setting path maka tambahkan  “;”(titik koma dibelakang “C:\BC5\BIN”) jadi lengkapnya : “C:\BC5\BIN; C:\program files\Java\jdk1.6.0_22\bin” (cat : hiraukan tanda petik 2).
Selesailah sudah setting path.

0 Komentar