Aplikasi BlackBerry pada dasarnya terbagi 3 yaitu :

  1. Aplikasi browser :  Aplikasi web-based yang bisa diakses dengan BlackBerry Browser
  2. Aplikasi Java :  Aplikasi Java adalah aplikasi yang dibuat dengan CLDC/MIDP API atau BlackBerry API.  Aplikasi Java bisa menjadi pilihan apabila Anda ingin membuat aplikasi dengan fitur yang kompleks dan lebih terintegrasi dengan perangkat BlackBerry Anda
  3. Aplikasi MDS runtime :  Aplikasi MDS runtime adalah aplikasi yang dikhususkan untuk terintegrasi dengan BlackBerry Enterprise Server melalui MDS Integration Service. Aplikasi MDS runtime biasanya ringan dan berbentuk form.
  4. Aplikasi widget : Aplikasi widget adalah bagian dari aplikasi browser yang dapat berdiri sendiri. Aplikasi widget adalah aplikasi web yang berukuran kecil dan menggunakan HTML, CSS dan JavaScript. Aplikasi widget dapat terlihat dan berperilaku sama seperti aplikasi Java.
Namun pada artikel ini dan artikel selanjutnya, yang akan lebih dibahas adalah tentang aplikasi Java. Aplikasi web, MDSruntime, dan widget akan dibahas di bagian tertentu. Untuk data yang official dari BlackBerry tentang jenis aplikasi BlackBerry, silakan kunjungi http://docs.blackberry.com/en/admin/deliverables/12873/Types_of_BB_applications_267708_11.jsp.

0 Komentar